Loading...

SAP ILMU KALAM

                                          



DESKRIPSI MATA KULIAH ILMU KALAM
Mata kuliah ini membicarakan tentang konsep ilmu kalam dalam classical period, medieval periode, modern period, dan postmodern period. Pemahaman atas dinamika periodisasi pemikiran kalam menjadi sangat penting, karena pemikiran kalam sejatinya sangat dinamis. Kuliah ini menekankan perubahan mendasar dari pola konstruksi kalam klasik yang teosentris menuju kalam modern yang lebih antroposentris dan teoantroposentris.

Standar Kompetensi   Mahasiswa mampu memahami konsep pemikiran kalam serta mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengapresiasi persoalan dalam dinamika kalam. Selain itu, mahasiswa juga memahami konsep ilmu kalam dalam classical period, medieval periode, modern period, dan postmodern period. Pemahaman atas dinamika periodisasi pemikiran kalam menjadi sangat penting, karena pemikiran kalam sejatinya sangat dinamis.
Level Taksonomi                     :              


Pengetahuan
25 %


Pemahaman
25 %


Penerapan
15 %


Analisis
15 %


Sintesis
10 %


Evaluasi
10 %


Total
100 %







Pertemuan ke :
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
Aktivitas Pemb.
Rujukan
1
Pengantar dan kontrak belajar
Mahasiswa mengetahui kontrak belajar
Konsep kuliah, model pembelajaran, dll
Ceramah, diskusi, Penugasan,
SAP

2
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar ilmu kalam
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu kalam

Memahami Ilmu Kalam
Ceramah, diskusi, Penugasan,
Hasan Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
3
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah ilmu kalam
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah ilmu kalam

Sejarah Ilmu Kalam
Ceramah, diskusi, Penugasan,
Hasan Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam

4
Mahasiswa mampu memahami aliran, pemikiran dan tokoh khawarij dan murji’ah
Mahasiswa dapat menjelaskan aliran, pemikiran dan tokoh khawarij dan murji’ah
Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Khawarij dan Murji’ah)
Ceramah, diskusi,
Penugasan,
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam

5
Mahasiswa mampu memahami aliran, pemikiran dan tokoh Jabariyah dan Qadariyah
Mahasiswa dapat menjelaskan aliran, pemikiran dan tokoh Jabariyah dan Qadariyah
Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Jabariah dan Qadariyah)
Ceramah, diskusi,
penugasan
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam

6
Mahasiswa mampu memahami aliran, pemikiran dan tokoh Mu’tazilah
Mahasiswa dapat menjelaskan aliran, pemikiran dan tokoh Mu’tazilah
Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Mu’tazilah)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan,
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam, Richard C. Martin, dkk, Post-Mu’tazilah

7
Mahasiswa mampu menjelaskan pemikiran dan tokoh salaf (Ahmad bin Hanal dan Ibn Taimiyah)
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh salaf (Ahmad bin Hanal dan Ibn Taimiyah)
Salaf (Ahmad bin Hanbal dan Ibn Taimiyah)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam

8
Mahasiswa mampu memahami pemikiran dan tokoh Ahlussunah (Al-Asy’ari dan al-Maturidi)
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Ahlussunah (Al-Asy’ari dan al-Maturidi)
Ahlussunah (Al-Asy’ari dan al-Maturidi)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
Harun Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
9
Mahasiswa mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan M. Iqbal)
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan M. Iqbal)
Kalam modern (M. Abduh dan M. Iqbal)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan,
Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, M. Abduh, Risalah Tauhid, M. Iqbal, Recontruction,
10
Mahasiswa mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam kontemporer (Ismail Faruqi, Hasan Hanafi)
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam kontemporer (Ismail Faruqi, Hasan Hanafi)
Kalam kontemporer (Ismail Faruqi, dan Hasan Hanafi)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
Hasan Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi, Ismail Raji Al-Faruqi, Tawhid: Abdul Rozak, Ilmu Kalam
11
Mahasiswa mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM Rasyidi, dan Harun Nasution)
Mahasiswa dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM Rasyidi, dan Harun Nasution)
Kalam Indonesia (HM Rasyidi, dan Harun Nasution)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
Harun Nasution, Teologi Islam, Abdul Rozak, Ilmu Kalam
12
Mahasiswa mampu memahami epistemologi kalam kalsik sampai modern
Mahasiswa dapat menjelaskan epistemologi kalam kalsik sampai modern
Epistemologi kalam
Ceramah, Diskusi,
Penugasan,
Wardani, Epistemologi Kalam, Amin Abdullah, Falsafah Kalam,
13
Mahasiswa mampu memahami arus baru pemikiran kalam kontemporer
mahasiswa dapat menjelaskan arus baru pemikiran kalam kontemporer
Arus baru pemikiran kalam kontemporer (1)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
Amin Abdullah, Falsafah Kalam, M. In’an Esha, Rethinking Kalam
14
Mahasiswa mampu memahami arus baru pemikiran kalam kontemporer
mahasiswa dapat menjelaskan arus baru pemikiran kalam kontemporer
Arus baru pemikiran kalam kontemporer (2)
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
Amin Abdullah, Falsafah Kalam, M. In’an Esha, Rethinking Kalam










Komposisi Penilaian          :   

Aspek Penilaian
Persentase
Ujian Akhir Semester
40 %
Ujian Tengah Semester
20 %
Tugas Mandiri
20 %
Keaktifan Mahasiswa
20 %
Komponen Lain(jika ada)
-
Total
100 %


Disusun oleh:
Diperiksa oleh :
Disahkan oleh:
Dosen Pengampu





Fikria Najitama, M.S.I
Penanggungjawab Keilmuan





-
Ketua Program Studi





H. Makruf Widodo, M.Pd.I


                



0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP