DESKRIPSI MATA KULIAH ILMU KALAM
Mata kuliah ini membicarakan tentang konsep ilmu kalam dalam classical
period, medieval periode, modern period, dan postmodern period. Pemahaman atas dinamika periodisasi pemikiran
kalam menjadi sangat penting, karena pemikiran kalam sejatinya sangat
dinamis. Kuliah ini menekankan perubahan mendasar dari pola konstruksi kalam
klasik yang teosentris menuju kalam modern yang lebih antroposentris dan
teoantroposentris.
Standar Kompetensi Mahasiswa mampu memahami konsep pemikiran kalam serta mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengapresiasi persoalan dalam dinamika kalam. Selain itu, mahasiswa juga memahami konsep ilmu kalam dalam classical period, medieval periode, modern period, dan postmodern period. Pemahaman atas dinamika periodisasi pemikiran kalam menjadi sangat penting, karena pemikiran kalam sejatinya sangat dinamis.
Level Taksonomi :
Pengetahuan
|
25 %
|
||||||
Pemahaman
|
25 %
|
||||||
Penerapan
|
15 %
|
||||||
Analisis
|
15 %
|
||||||
Sintesis
|
10 %
|
||||||
Evaluasi
|
10 %
|
||||||
Total
|
100 %
|
||||||
Pertemuan ke :
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok Bahasan
|
Aktivitas Pemb.
|
Rujukan
|
||
1
|
Pengantar
dan kontrak belajar
|
Mahasiswa mengetahui kontrak belajar
|
Konsep kuliah, model pembelajaran, dll
|
Ceramah, diskusi, Penugasan,
|
SAP
|
||
2
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep dasar ilmu kalam
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian ilmu kalam
|
Memahami Ilmu Kalam
|
Ceramah, diskusi, Penugasan,
|
Hasan Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi,
Pengantar Teologi Islam
|
||
3
|
Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah ilmu kalam
|
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah ilmu
kalam
|
Sejarah Ilmu Kalam
|
Ceramah, diskusi, Penugasan,
|
Hasan
Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi,
Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
|
||
4
|
Mahasiswa
mampu memahami aliran, pemikiran dan tokoh khawarij dan murji’ah
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan aliran, pemikiran dan tokoh khawarij dan murji’ah
|
Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Khawarij dan Murji’ah)
|
Ceramah, diskusi,
Penugasan,
|
Harun
Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
|
||
5
|
Mahasiswa mampu memahami aliran,
pemikiran dan tokoh Jabariyah dan Qadariyah
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan aliran, pemikiran dan tokoh Jabariyah dan Qadariyah
|
Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Jabariah dan Qadariyah)
|
Ceramah, diskusi,
penugasan
|
Harun
Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
|
||
6
|
Mahasiswa
mampu memahami aliran, pemikiran dan tokoh Mu’tazilah
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan aliran, pemikiran dan tokoh Mu’tazilah
|
Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam (Mu’tazilah)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan,
|
Harun
Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam, Richard C. Martin, dkk, Post-Mu’tazilah
|
||
7
|
Mahasiswa
mampu menjelaskan pemikiran dan tokoh salaf (Ahmad bin Hanal dan Ibn
Taimiyah)
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh salaf (Ahmad bin Hanal dan Ibn
Taimiyah)
|
Salaf (Ahmad bin Hanbal dan Ibn Taimiyah)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
|
Harun
Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
|
||
8
|
Mahasiswa
mampu memahami pemikiran dan tokoh Ahlussunah (Al-Asy’ari dan al-Maturidi)
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Ahlussunah (Al-Asy’ari dan al-Maturidi)
|
Ahlussunah (Al-Asy’ari dan al-Maturidi)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
|
Harun
Nasution, Islam Ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, Abdul Rozak, Ilmu Kalam, A. Hanafi, Pengantar Teologi Islam
|
||
9
|
Mahasiswa
mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan M. Iqbal)
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam modern (M. Abduh dan M. Iqbal)
|
Kalam modern (M. Abduh dan M. Iqbal)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan,
|
Aspeknya, Abdul
Rozak, Ilmu Kalam, M. Abduh, Risalah Tauhid, M. Iqbal, Recontruction,
|
||
10
|
Mahasiswa
mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam kontemporer (Ismail Faruqi, Hasan Hanafi)
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam kontemporer (Ismail Faruqi, Hasan Hanafi)
|
Kalam kontemporer (Ismail Faruqi, dan Hasan Hanafi)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
|
Hasan
Hanafi, Dari Akidah ke Revolusi,
Ismail Raji Al-Faruqi, Tawhid: Abdul
Rozak, Ilmu Kalam
|
||
11
|
Mahasiswa
mampu memahami pemikiran dan tokoh Kalam Indonesia (HM Rasyidi, dan Harun Nasution)
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pemikiran dan tokoh Kalam
Indonesia (HM Rasyidi, dan Harun Nasution)
|
Kalam Indonesia (HM Rasyidi, dan Harun Nasution)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
|
Harun
Nasution, Teologi Islam, Abdul
Rozak, Ilmu Kalam
|
||
12
|
Mahasiswa
mampu memahami epistemologi kalam kalsik sampai modern
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan epistemologi kalam kalsik sampai modern
|
Epistemologi kalam
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan,
|
Wardani, Epistemologi Kalam, Amin Abdullah, Falsafah Kalam,
|
||
13
|
Mahasiswa
mampu memahami arus baru pemikiran kalam
kontemporer
|
mahasiswa
dapat menjelaskan arus baru pemikiran kalam
kontemporer
|
Arus baru pemikiran kalam kontemporer (1)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
|
Amin
Abdullah, Falsafah Kalam, M. In’an
Esha, Rethinking Kalam
|
||
14
|
Mahasiswa mampu memahami arus
baru pemikiran kalam kontemporer
|
mahasiswa dapat menjelaskan arus
baru pemikiran kalam kontemporer
|
Arus baru pemikiran kalam kontemporer (2)
|
Ceramah, Diskusi,
Penugasan
|
Amin
Abdullah, Falsafah Kalam, M. In’an
Esha, Rethinking Kalam
|
||
Komposisi Penilaian :
Aspek Penilaian
|
Persentase
|
Ujian Akhir Semester
|
40 %
|
Ujian Tengah Semester
|
20 %
|
Tugas Mandiri
|
20 %
|
Keaktifan Mahasiswa
|
20 %
|
Komponen Lain(jika ada)
|
-
|
Total
|
100 %
|
Disusun oleh:
|
Diperiksa oleh :
|
Disahkan
oleh:
|
Dosen Pengampu
Fikria Najitama, M.S.I
|
Penanggungjawab Keilmuan
-
|
Ketua Program
Studi
H. Makruf Widodo,
M.Pd.I
|
0 komentar:
Posting Komentar