Loading...

SAP - ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP 2013



I.      DESKRIPSI  MATA KULIAH ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
Kuliah Islam dan lingkungan hidup merupakan mata kuliah yang menitikberatkan pada kajian mengenai konsep Islam mengenai lingkungan hidup. Munculnya kajian ini merupakan respon dari realitas kontemporer dimana persoalan kerusakan lingkungan hidup sudah pada taraf yang sangat mengkhawatirkan. Ancaman pemanasan global, kerusakan ekosistem, kekeringan, perubahan iklim, dan sebagainya, membuat kehidupan manusia menjadi terancam. Pada kondisi tersebutlah, kajian mengenai Islam dan lingkungan menjadi sangat signifikan. Dalam ranah yang sederhana, kuliah ini berusaha memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar al-Qur’an dan hadist yang terkait dengan konservasi lingkungan, baik dalam konsepsi teologi, etika dan fiqh lingkungan. Dengan internalisasi pemahaman nilai Islam mengenai lingkungan hidup, diharapkan mahasiswa mampu mentransformasikan dalam ranah pendidikan dan masyarakat, serta mampu mengambil bagian dalam usaha konservasi lingkungan hidup.

II.     KOMPETENSI MATA KULIAH
1.  Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai konsepsi Islam tentang lingkungan hidup.
2.  Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai teori-teori relasi antara manusia dan lingkungan serta menghubungkannya dengan konsep Islam
3.  Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai ayat-ayat al-Qur’an dan hadist yang terkait dengan lingkungan hidup.
4.  Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai aplikasi kajian Islam dan lingkungan dalam dunia pendidikan.   

III.    TUJUAN MATA KULIAH
Selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan  mampu memahami, menganalisa,  menjelaskan konsep Islam mengenai lingkungan hidup, baik terkait dengan dasar-dasar dalil al-Qur’an dan hadist maupun terkait dengan konsep teologi, fiqh, dan etika lingkungan. Selain itu juga diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam pendidikan dan merealisasikannya dalam kehidupan di masyarakat.

IV.    STRATEGI PERKULIAHAN
Dosen menjelaskan mengenai hal-hal yang bersifat umum terkait kajian Islam dan Lingkungan Hidup, kemudian mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah dengan mengambil topik yang telah disediakan oleh dosen. Makalah dipresentasikan, dikaji dalam forum kelas dan kemudian diberi catatan serta komentar oleh dosen mengenai diskusi yang berlangsung. Selain itu, mahasiswa juga diberi tugas secara individu untuk  dengan tema terkait dengan kajian Islam dan Lingkungan Hidup.

V.     EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasi dilakukan didasarkan pada keaktifan di kelas, penulisan dan presentasi makalah, tugas individu serta hasil ujian tengah/akhir semester yang dilakukan secara tertulis.

VI.    TOPIK
1.   Islam dan lingkungan hidup
2.   Relasi Tuhan dengan lingkungan
3.   Relasi manusia dengan lingkungan
4.   Krisis dan isu lingkungan kontemporer
5.   Al-Qur’an dan lingkungan
6.   Hadits dan lingkungan
7.   Teologi lingkungan
8.   Etika Lingkungan
9.   Fiqh lingkungan
10.  Pendidikan lingkungan di sekolah
11.  Pesantren dan lingkungan hidup
12.  Konservasi lingkungan berbasis kearifan lokal

VII.   BUKU SUMBER (REFERENSI)
Adnan Harahap dkk, Islam dan Lingkungan Hidup, (Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy, 1997).
Ahmad Abedi Sarvestani and Mansoor Shahvali, Environmental Ethics: Toward an Islamic Perspective, (tp: Idosi Publications, 2008).
Ernawati Aziz, Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)
Fachruddin M. Mangunjaya, Konservasi Alam dalam Islam, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008).
Fazlun M Khalid, “Islam and the Environment” dalam Peter Timmerman (ed.) Encyclopedia of Global Environmental Change, (Chichester: John Wiley & Sons, Ltd, 2002).
Fritjof Capra, Jaring-jaring Kehidupan, Visi Baru Epistemologi dan Kehidupan, terj. Saut Parasibu, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002).
Lynn White Jr, The Historical Roots of Our Ecological Crisis, www.siena.edu/ellard/historical roots of our ecologic. htm
M. Amin Abdullah, dkk, Spiritualitas Lingkungan dan Ekonomi Industri, M. Rifa’I Abduh dan Waryono Abdul Ghafur (ed.), (Yogyakarta: CRSD, 2007).
M. Tholhah dan Achmad Mufid A.R, Fiqih Ekologi, Menjaga Bumi Memahami Makna Kitab Suci, (Yogyakarta: Total Media, 2008)
Madjid Fakhry, Etika dalam Islam, terj. Zakiyuddin Baidhawy, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).
Mudhofir Abdullah, Al-Qur’an dan Konservasi Lingkungan, (Jakarta: Dian Rakyat, 2010).
Mudhofir Abdullah, Masail Al-Fiqhiyyah, Isu-isu Fiqh Kontemporer, (Yogyakarta: Teras, 2011).
Mujiyono Abdillah, Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur’an, (Jakarta: Paramadina, 2001).
Murtadha Muthahhari, Perspektif al-Qur’an Tentang Manusia dan Agama, terj. Haidar Bagir, (Bandung: Mizan, 1992).
Nadjamuddin Ramly, Islam Ramah Lingkungan, Konsep dan Strategi Islam dalam Pengelolaan, Pemeliharaan, dan Penyelamatan Lingkungan, (Jakarta: Grafindo, 2007).
Sofyan Anwar Mufid, Islam dan Ekologi Manusia, (Bandung: Nuansa, 2010)
Suwito NS, Eko-Sufisme, Konsep, Strategi dan Dampak, (Purwokerto: STAIN Press, 2011)
Syukri Hamzah, Pendidikan Lingkungan, Sekelumit Wawasan Pengantar, (Bandung: Refika Aditama, 2013)

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP