I.
DESKRIPSI MATA KULIAH ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
Kuliah
Islam dan lingkungan hidup merupakan mata kuliah yang
menitikberatkan pada kajian mengenai konsep Islam mengenai lingkungan hidup. Munculnya
kajian ini merupakan respon dari realitas kontemporer dimana persoalan
kerusakan lingkungan hidup sudah pada taraf yang sangat mengkhawatirkan. Ancaman
pemanasan global, kerusakan ekosistem, kekeringan, perubahan iklim, dan
sebagainya, membuat kehidupan manusia menjadi terancam. Pada kondisi tersebutlah, kajian mengenai Islam dan lingkungan
menjadi sangat signifikan. Dalam ranah yang sederhana, kuliah ini berusaha
memberikan pemahaman mengenai dasar-dasar al-Qur’an dan hadist yang terkait
dengan konservasi lingkungan, baik dalam konsepsi teologi, etika dan fiqh
lingkungan. Dengan internalisasi pemahaman nilai Islam mengenai lingkungan
hidup, diharapkan mahasiswa mampu mentransformasikan dalam ranah pendidikan dan
masyarakat, serta mampu mengambil bagian dalam usaha konservasi lingkungan
hidup.
II. KOMPETENSI MATA KULIAH
1. Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai konsepsi Islam
tentang lingkungan hidup.
2. Mahasiswa memiliki
pengetahuan mengenai teori-teori relasi antara manusia dan lingkungan serta
menghubungkannya dengan konsep Islam
3. Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai ayat-ayat
al-Qur’an dan hadist yang terkait dengan lingkungan hidup.
4. Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai aplikasi
kajian Islam dan lingkungan dalam dunia pendidikan.
III. TUJUAN MATA KULIAH
Selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menganalisa, menjelaskan konsep Islam mengenai lingkungan
hidup, baik terkait dengan dasar-dasar dalil al-Qur’an dan hadist maupun
terkait dengan konsep teologi, fiqh, dan etika lingkungan. Selain
itu juga diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam pendidikan dan
merealisasikannya dalam kehidupan di masyarakat.
IV. STRATEGI PERKULIAHAN
Dosen menjelaskan mengenai hal-hal yang bersifat umum terkait kajian Islam
dan Lingkungan Hidup, kemudian mahasiswa diberi tugas untuk
menulis makalah dengan mengambil
topik yang telah disediakan oleh dosen. Makalah dipresentasikan, dikaji dalam
forum kelas dan kemudian diberi catatan serta komentar oleh dosen mengenai
diskusi yang berlangsung. Selain itu, mahasiswa juga diberi tugas secara
individu untuk dengan tema terkait
dengan kajian Islam dan Lingkungan Hidup.
V. EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasi
dilakukan didasarkan pada keaktifan di kelas, penulisan dan presentasi makalah,
tugas individu serta hasil ujian tengah/akhir semester
yang dilakukan secara tertulis.
VI. TOPIK
1. Islam dan lingkungan hidup
2. Relasi Tuhan dengan lingkungan
3. Relasi manusia dengan lingkungan
4. Krisis dan isu lingkungan
kontemporer
5. Al-Qur’an
dan lingkungan
6. Hadits
dan lingkungan
7. Teologi lingkungan
8. Etika Lingkungan
9. Fiqh lingkungan
10. Pendidikan
lingkungan di sekolah
11. Pesantren
dan lingkungan hidup
12. Konservasi
lingkungan berbasis kearifan lokal
VII. BUKU SUMBER (REFERENSI)
Adnan
Harahap dkk, Islam dan Lingkungan Hidup,
(Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy, 1997).
Ahmad Abedi Sarvestani and Mansoor Shahvali, Environmental Ethics: Toward an Islamic
Perspective, (tp: Idosi Publications, 2008).
Ernawati Aziz, Upaya Pelestarian
Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
2013)
Fachruddin M. Mangunjaya, Konservasi
Alam dalam Islam, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008).
Fazlun M Khalid, “Islam and the Environment” dalam Peter
Timmerman (ed.) Encyclopedia
of Global Environmental Change, (Chichester: John Wiley
& Sons, Ltd, 2002).
Fritjof
Capra, Jaring-jaring Kehidupan, Visi Baru Epistemologi dan Kehidupan,
terj. Saut Parasibu, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002).
Lynn White Jr, The Historical Roots
of Our Ecological Crisis, www.siena.edu/ellard/historical
roots of our ecologic. htm
M. Amin Abdullah, dkk, Spiritualitas Lingkungan dan
Ekonomi Industri, M. Rifa’I Abduh dan Waryono Abdul Ghafur (ed.),
(Yogyakarta: CRSD, 2007).
M. Tholhah dan Achmad Mufid A.R, Fiqih
Ekologi, Menjaga Bumi Memahami Makna Kitab Suci, (Yogyakarta: Total Media,
2008)
Madjid Fakhry, Etika dalam Islam, terj. Zakiyuddin Baidhawy,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).
Mudhofir Abdullah, Al-Qur’an
dan Konservasi Lingkungan, (Jakarta: Dian Rakyat, 2010).
Mudhofir Abdullah, Masail Al-Fiqhiyyah, Isu-isu Fiqh
Kontemporer, (Yogyakarta: Teras, 2011).
Mujiyono
Abdillah, Agama Ramah Lingkungan
Perspektif al-Qur’an, (Jakarta: Paramadina, 2001).
Murtadha Muthahhari, Perspektif al-Qur’an Tentang Manusia dan
Agama, terj. Haidar Bagir, (Bandung: Mizan, 1992).
Nadjamuddin
Ramly, Islam Ramah Lingkungan, Konsep dan
Strategi Islam dalam Pengelolaan, Pemeliharaan, dan Penyelamatan Lingkungan,
(Jakarta: Grafindo, 2007).
Sofyan Anwar Mufid, Islam dan
Ekologi Manusia, (Bandung: Nuansa, 2010)
Suwito NS, Eko-Sufisme, Konsep, Strategi dan Dampak, (Purwokerto: STAIN Press,
2011)
Syukri Hamzah, Pendidikan
Lingkungan, Sekelumit Wawasan Pengantar, (Bandung: Refika Aditama, 2013)
0 komentar:
Posting Komentar